Selasa, 03 Oktober 2017

Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Dan Tepat Tanpa Obat

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang sering di alami oleh semua orang,
Hampir setiap orang tau rasanya sakit kepala, di perkirakan hampir lebih dari 90% manusia pernah mengalaminya , namun tidak semua orang tahu cara mengatasinya
obat sakit kepala
Apa saja jenis-jenis sakit kepala? Sakit kepala ada banyak jenis nya.
  • Macam-macam sakit kepala 
Jenis-jenis sakit kepala beragam di antranya, sakit kepala migrain, sakit kepala pertigo, sakit kepala cluster, sakit kepala berkepanjangan dan masih banyak lagi.

Kebanyakan sakit kepala yang terdiagnosis oleh kalangan dokter adalah sakit kepala berulang yang tidak terlalu berbahaya yang sering di sebut sakit kepala disebabkan ketegangan otot.

Sakit kepala tidak mempunyai jangka waktu tertentu, terkadang bisa berlangsung kurang dari satu jam atau bahkan selama berhari-hari, serta bisa muncul secara tiba-tiba atau perlahan-lahan
Langkah cara mengobati untuk setiap jenis sakit kepala berbeda-beda
Jadi sebelum anda memilih obat mana yang akan di konsumsi, sebaiknya anda harus memastikan terlebih dahulu jenis sakit kepala apa yang anda rasakan saat ini.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara mengatasi sakit kepala, terlebih dahulu saya akan menjelaskan penyebab sakit kepala yang jarang kita sadari dantidak semua orang mengetahuinya.

sakit kepala biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti karna setres, kebanyakan mengkonsusi kefein, melewatkan makan, dehidrasi tekanan darah yang tinggi, bahkan hal sederhana seperti parfum pun dapat menyebabkan sakit kepala yang mengganggu

Beberapa hal sederhana yang dapat menyebabkan sakit kepala adalah:

Aroma yang sangat menyengat.
Seperti aroma cat, minyak wangi dan beberapa jenis bunga.

Pengikat rambut.
Ikat rambut atau penggunaan headband yang terlalu kencang adalah salah satu penyebab sakit kepala,
Karena bisa menyebabkan penghubung jaringan di bagian kulit kepala menegang.
Aktivitas seks dan latihan fisik yang berlebihan, terutama bagi penderita migrain.

Misalnya menjepit telepon diantara telinga dan pundak, duduk dengan kursi tanpa penyangga punggung, jarak pandang yang terlalu dekat atau terlalu jauh (misalnya pada monitor atau tv) .

Zat tiramin.
Zat tiramin atau zat yang terdapat didalam makanan yang cara pembuatannya memakan waktu lama, misalnya keju (termasuk blue cheese, keju cheddar, keju parmesan dan keju Swiss). Semakin lama proses pembuatan makanan tersebut, maka semakin banyak lagi kandungan tiramin didalamnya. Tiramin juga banyak terdapat pada minuman beralkohol, dan kandungan alkohol tersebut juga dapat meningkatkan tekanan darah ke otak sehingga membuat Anda semakin pusing.

Melewatkan makan.
Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menurun. Saat perut kosong, hindari mengkonsumsi makanan manis, terutama permen, karena akan memperparah kadar gula darah. Belum lagi pada penderita gastritis, terlambat makan dapat memicu naiknya asam lambung dan dapat memberikan efek sakit kepala.

Dehidrasi.
Kurangnya cairan juga dapat berdampak pada keseimbangan sel dalam tubuh kita, yang dapat memberikan manifestasi berupa sakit kepala.

Asap roko.
Nikotin yang terkandung didalamnya menyebabkan pembuluh darah pada otak menyempit. Terutama bagi penderita migrain, asap rokok akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, bahkan akan berpengaruh juga pada mata dan hidung.

Baca juga : Cara Ampuh Mengobat Sakit kepala Migrain Secara Alami
  • Bagi anda yang kebetulan saat ini terkena gejala sakit kepala, semoga anda bisa melakukan cara untuk mengurangi dan menyembuhkan nya dengan cara berikut ini:
1. Mengobati Sakit Kepala Dengan mengkonsumsi Kentang
Sakit kepala dapat terjadi di sebabkan kurangnya elektrolit seperti kaliuum.
Cara mengtasinya tentu kita harus sering mengkonsumsi makanan yang banyak kaliumnya, di antaranya adalah kentang. Kentang yang akan di makan sebaiknya, dimasak dengan cara direbus, atau di bakar dengan kulit nya, jangan di pasak dengan cara di goreng.
Kentang di samping mampu mengobati sakit kepal, juga masih banyak manfaat dan hasiat nya, terutama bagi kesehatan.

2. Mengatasi Sakit Kepala dengan Es Batu
Jarang orang yang tau, ternyata es batu juga bisa kita peregunakan untuk merinnganka rasa sakit pada bagian kepala. Caranya sangat mudah sekali, kita hanya perlu mengosok-gosokan / mengkompreskan es batu secara pelan-pelan pada bagian kepala anda yang terasa sakit. cara sperti ini sudah terbukti.

3. Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Meminum Air Putih
Seperti yang sudah di bahas di atas, bahwa di antara penyebab sakit kepala adalah di sebabkan dehidrasi / kekurangan cairan pada tubuh.
Karena air merupakan komponen asupan yang sangat di butuhkan oleh tubuh, sehingga apabila tubuh kita kekurangan cairan, maka sangat berbahaya.

Oleh karna itu, apabila anda terserang sakit kepala, maka segeralah minum air putih. Membiasakan minum air putih 8 - 10 gelas per harinya sangat bermanfaat untuk mencegah datingnya sakit kepala.

4. Mengobati Sakit Kepala dengan Makanan/ Minuman yang Mengandung Mint
Kalau cara sipert ini lebih cocok apabila sakit kepala yang sedang anda derita disebabkan oleh maag karena terlambat makan sehingga perut anda menjadi mual dan sakit kepala.
Cara yang paling terbaik untuk mengobatinya yaitu dengan cara memperbanyak mengkonsumsi minuman/makanan yang banyak mengandung mint seperti teh pappermint dsb.

5. Mengatasi Sakit Kepala dengan Kopi
Sudah taukah anda dengan kalimat "sesuatu yang berlebihan itu tidak baik"? Begitupun hal nya dengngan kopi, apabila anda mengkonsumsi kopi dalam jumlah wajar ( tidak melebih dari 2-3 cangkir / hari), ternyata kopi juga dapat menjadi solusi saat anda mengalami sakit kepala.

Karena kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi 40% sangat efektif dalam mengobati sakit kepala. Tapi perlu anda ingat, jangan sampe terlalu banyak minum kopi karena bisa menyebabkan sakit kepala.

Oleh karena itu minumlah kopi jangan sampai lebih dari 2-3 cangkir / harinya.

6. Mengobati Sakit Kepala dengan Cara Streching
Streching adalah merupakan suatu gerakan pergangan (senam). Sakit kepala juga biasa terjadi akibat otot-otot yang tegang, jadi apabila anda sedang mengalami sakit kepala, cobalah anda lakukan gerakan-gerkan senam, atau dengan melakukan yoga

7. Mengatasi Sakit Kepala Menggunakan Biji Wijen
Vitamin E yang terkandung dalam biji wijen bisa membantu menstabilkan estrogen tubuh kita, sehingga dapat mencegah terjadi gejala migrain.
Selain itu biji wijen juga banyak mengandung magneisum yang juga dapat mencegah terjadinya gangguan sakit kepala.

Selain biji wijen, masih banyak lagi seperti makanankacang-kacangan, gandum minyak zaitun, dandelion, dan kentang manis, juga kaya akan magnesium.

8. Mengobati Sakit Kepala Dengan Cara Mengkonsumsi Ikan
Mengkonsumsi ikan juga adalah slah satu yang dapat membantu meredakan sakit kepala. Apalagi ikan yang banyak mengandung lemak, seperti ikan salmon, makarel, atau tuna yang banyak mengandung omega-3 dan lemak esensial yang bisa mencegah terjadinya radang yang dapat menimbulkan gejala migrain.

9. Mengatasi Sakit Kepala dengan Mengkomsumsi Semangka
Semangka adalah merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak mengandung air, jadi anda dapat menggunakan semangka untuk mengatasi gejala sakit kepala yang diakibatkan oleh dehidrasi.

10.Mengobati Sakit Kepala dengan Tidur Secara Teratur
Ketauhilah bahwa terlalu banyak tidur itu tidak baik, namuan kurang tidur juga tidak baik karena tidur itu harus secara teratur. Karna manusia tidak bisa bekerja selama 24jam ful,tidak seperti robot.
Usahakan anda harus menyisihkan waktu untuk tidur sencara teratur misal 6-7 jam dalam sehari, agar anda terhindar dari gejala sakit kepala.

11. Mengatasi sakit kepala dengan menghindari Stres
Jarang kita sadari sakit kepala juga biasa disebabkan oleh otot-otot atau urat syaraf yang tegang. diantara penyebabnya karena terlalu banyak fikiran sehingga menyebabkan terjadi stres dan sakit kepala.

Saya menyarankan ,agar anda jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Luangkan beberapa waktu anda untuk menenangkan pikiran dengan melakukan liburan atau represing.

12. Mengobati Sakit Kepala dengan Biji Alpukat
Apabila penyebab terjadi sakit kepala anda disebabkan oleh demam. Anda biasa mengatasinya dengan membuat pengompres alami dari biji alpukat. Cara seperti ini sangat mudah dan simpe, dan sudah terbukti dapat meringankan dan menyembuhkan sakit kepala.

Caranya pengguna'an nya:
Sediakan 2 biji buah alpukat kemudian parut. Setelah itu campur dengan sedikit air, kemudian tempel di dahi selama kurang lebih 1-2 jam. Alangkah lebih baik apabila di lakukan setiap anda mau tidur dimalam hari.

13. Mengobati sakit kepala dengan menggunakan kompres dingin.
Menempatkan sesuatu yang lembut dan dingin di atas dahi Anda dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, yang bisa mengurangi rasa sakit dari sakit kepala. Cara seperti ini sangat baik jika masalah terkonsentrasi di pelipis atau sinus.

Caranya: Basahi sapu tangan dengan air dingin, kemudian taruh di atas dahi Anda. Rendam lagi dengan air dingin jika sudah terasa tidak dingin.

14. Mengobati sakit kepala dengan cara memijat kulit kepala, leher dan lobus telinga. 
Melakukan beberapa pijatan ringan dapat mengatasi diri Anda dari rasa sakit kepala, serta meningkatkan sirkulasi dan meredakan ketegangan. Untuk pijat dasar, tekan jari Anda di atas pelipis, dan memindahkan jari anda dalam lingkaran lambat.

15. mengatasi sakit kepala dengan seks (bagi yang sudah menikah)
Seks tidak hanya dapat mengurangi stress dan tekanan darah, seks juga merangsang pelepasan hormon oksitosin, yang pada akhirnya mampu  meningkatkan pelepasan endorfin, penghilang rasa sakit alami tubuh, termasuk sakit kepala.
Baca juga: Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala Belakang

10. Penyebab Sakit Kepala yang Jarang Orang Menyadarinya

1. Kurang tidur/ kebanyakan tidur.
2.Radiasi hp.
3.Telat makan.
4. Cuaca yang trik.
5.Latihan  fisik terlalu berlebihan.
6. Mengikat rambut dengan tali rambut yang terlalu kencang, sehingga penghubung jaringan pada kulit kepala menegang.
7. Salah bergerak, seperti menjepit telpon dengan bahu serta pundak, duduk di atas kursi tanpa ada penyangga punggung dengan waktu yang lama.
8. Tekanan di lingkungan kerja.
9. Aroma yang menyengat dari parfum.
10. Berlebihan minum kopi. karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Itulah beberapa paktor penyebab sakit kepala dan cara mengatasinya semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mengalami sakit kepala salam Obat Sakit Kepala
Previous Post
Next Post

1 komentar: